Rabu, 17 April 2013

Empat s.d enam


4.  Mengapa penggunaan blogspot merupakan bukti komitmen bahwa kita mendukung perwujudan kebijakan pemerintah dalam e-government di satu sisi dan mengekspresikan etika kita terhadap lingkungan. Lengkapi dengan argumen ilmiah.
Di dalam Inpres No.3 tahun 2003 dan keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi dijelaskan bahwa perkembangan e-Gov merupakan wujud keinginan pemerintah dalam upaya mendorong bangsa Indonesia menuju masyarakat yang berbasis pengetahuan ( Knowledge-based Society). Dengan menggunakan blogspot berarti kita telah menjadi seorang warga negara yang berbasis pengetahuan sehingga kita dapat :
·   Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara.
·    Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance.
·    Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan           pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari.
·    Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
·  Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada.
· Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.

Dengan menggunakan blog sebagai lapak pendidikan dan pengajaran merupakan kebutuhan sehari-hari para dosen, mahasiswa dan pelajar, yang dibuat untuk berbagai kegunaan mulai dari meletakkan catatan kuliah, catatan tugas, foto-foto penting, video-video interaktif serta untuk ujian/quiz online atau offline.
Disamping itu, dengan menggunakan blogspot kita dapat menghemat pemakaian kertas dan tinta. Bayangkan........., dengan pemakaian kertas yang banyak, berarti kita telah ikut menyumbangkan laju kerusakan hutan yang hingga kini mencapai 3,8 juta hektar pertahun.




5.   Jejak ekologis merupakan gambaran apakah seseorang itu menyumbang terhadap kerusakan lingkungan  atau tidak karena tujuan dari jejak ekologis salah satunya untuk mengukur dan mengetahui bagaimana dampak gaya hidup kita. Sehingga kita dapat mengetahui seberapa boros, seberapa banyak kita menghasilkan limbah dan seberapa berbahaya limbah yang kita hasilkan, hingga menyangkut penjumlahan total lahan yang diperlukan untuk menyediakan makanan, perumahan, transportasi, bahan-bahan konsumsi yang lain, serta pelayanan yang kita gunakan. Seseorang yang jejak ekologisnya tinggi berarti penghasilannya tinggi, jika penghasilannya tinggi maka banyak kebutuhan yang ia penuhi dengan cara mengkonsumsi sumberdaya alam yang banyak, dengan menggunakan sumberdaya buatan yang banyak, berarti dia banyak mencemari dan merusak lingkungan.
Yang menjadi pertanyaan bagi saya, Bagaimana dengan jejak ekologis perempuan?????, yang mengkonsumsi lebih banyak tissue baik untuk menghapus keringat, kebutuhan di toilet, sampai menghapus makeup wajah, yang berasal dari hutan akasia.
Kita juga sangat konsumtif terhadap kebutuhan mandi seperti sabun dan shampoo dengan berbagai aroma dan kemasannya, hingga kita tidak menyadari bahwa sabun dan shampoo itu dihasilkan dari minyak sawit (CPO) dari perkebunan besar kelapa sawit yang sangat tidak ramah lingkungan karena menggunakan pestisida dan insektisida pada masa pemupukan. Bahkan, banyak industri besar perkebunan sawit memperkerjakan buruh perempuannya dibidang pemupukan yang notabene itu beracun dan sangat berbahaya bagi kesehatan perempuan. Belum lagi tingkat diskriminasi dan kekerasan yang dialami oleh buruh perempuan di industri perkebunan besar kelapa sawit seperti yang dialami oleh buruh perempuan di Riau dengan satu perusahaan perkebunan kelapa sawit.


6.   Sudahkah anda membuat dan mengelola blog dengan baik.
Alhamdulillah, saya sudah membuat blog dan lagi dalam proses belajar mengelola blog. Mudah-mudahan usaha saya ini mendapat berkah......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar